Inilah 3 Bentuk Indikator Kalau Kamu Punya Disiplin Kerja

Ada beberapa metrik disiplin kerja yang perlu dipahami perusahaan saat mengevaluasi kinerja karyawan. Disiplin kerja merupakan sikap yang harus dimiliki oleh setiap karyawan. Tanpa disiplin kerja, sebuah perusahaan tidak dapat bergerak menuju apa yang ingin dicapainya.

Bayangkan jika karyawan perusahaan Anda tidak disiplin, seperti malas, tidak memenuhi tenggat waktu, hasil yang kurang baik, dan tidak mengikuti aturan yang telah ditetapkan perusahaan. Bagaimana jika karyawan perusahaan seperti itu dapat membantu Anda mencapai visi dan misi perusahaan Anda? Maka Anda perlu mencari karyawan yang disiplin dan menanamkannya dalam peraturan perusahaan.

Untuk dapat menilai sikap karyawan Anda terhadap disiplin kerja, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu indikator apa saja yang termasuk dalam penilaian tersebut. Simak pembahasan metrik disiplin kerja di bawah ini.

Apa itu Indikator Disiplin Kerja?

Di bawah ini, Sodexo akan menjelaskan tiga indikator yang digunakan untuk menilai sikap disiplin karyawan, yaitu:

1. Tepat waktu

Indikator disiplin yang pertama adalah ketepatan waktu. Anda dapat menilai karyawan dengan seberapa baik mereka disiplin dalam kerangka waktu yang ditetapkan oleh perusahaan. Misalnya, perusahaan menetapkan jam kerja dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore, jadi karyawan harus hadir tepat waktu sesuai jam kerja yang berlaku. Selain itu, jika perusahaan telah memberikan tugas yang harus diselesaikan dalam jangka waktu tertentu, karyawan harus menyerahkan tugas tepat waktu.

2. Mematuhi peraturan perusahaan

Karyawan harus mematuhi peraturan perusahaan. Regulasi yang dibuat berguna untuk menjaga kelancaran perusahaan dalam menjalankan visi dan misinya. Oleh karena itu, karyawan dituntut untuk disiplin dalam menegakkan aturan perusahaan.

3. Tanggung jawab untuk melakukan sesuatu

Banyak karyawan sering membuat alasan untuk tidak memenuhi tugasnya, dan jika Anda menemukan karyawan seperti itu, mereka dapat menghambat pertumbuhan dan kemajuan perusahaan. Oleh karena itu, karyawan harus bertanggung jawab atas setiap tugas yang diberikan kepadanya.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Disiplin Kerja

Sikap individu terhadap disiplin kerja dapat dipengaruhi oleh beberapa hal. Pada poin ini, Sodexo akan menjelaskan kepada Anda faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi disiplin kerja karyawan. Sehingga Anda dapat menemukan cara untuk meningkatkan disiplin kerja karyawan. Berikut faktor-faktor yang mempengaruhi disiplin kerja karyawan, yaitu:

* Saat memberikan tugas, perusahaan harus memperhatikan apakah kemampuan karyawan dapat diberikan. Tugas-tugas yang melampaui batas kemampuan seorang karyawan mengurangi minat dan kepercayaan diri mereka, yang secara tidak langsung mempengaruhi disiplin kerja.
* Sanksi dapat dikenakan di dalam perusahaan agar karyawan patuh dan bekerja secara disiplin untuk menghindarinya.
* Pemimpin yang tidak tegas dalam memimpin kepemimpinan perusahaan juga akan mempengaruhi disiplin kerja karyawan.
* Perusahaan yang tidak menghargai karyawan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi disiplin kerja. Oleh karena itu, Anda perlu memberikan penghargaan sekecil apapun kepada karyawan Anda agar mereka tetap termotivasi dan disiplin dalam menjalankan tugasnya.

Itu saja yang dapat Sodexo berikan kepada Anda tentang 3 indikator disiplin kerja yang perlu diterapkan perusahaan. Pastikan juga untuk memberikan penghargaan minimal kepada karyawan untuk menjaga disiplin kerja dan membuat mereka merasa dihargai, sehingga mereka menginginkan kinerja yang lebih untuk perusahaan. Untuk melakukan ini, Anda dapat menawarkan insentif seperti Sodexo Gift Passes atau Sodexo e-Passes, yang dapat digunakan untuk membeli apa pun yang mereka inginkan. Hubungi kami hari ini untuk informasi lebih lanjut atau jika Anda ingin membeli voucher Sodexo sebagai hadiah untuk karyawan Anda.

About admin