Masih Awal Tahun, Saatnya Evaluasi Diri

Masih Awal Tahun, Saatnya Evaluasi Diri

Jika di penghujung 2016, kamu telah berhasil merealisasikan mimpi dan harapan, berarti di tahun selanjutnya, kamu perlu mempertahankan, dan meningkatkan. Biar nggak hanya sekadar resolusi awal tahun yang jarang terealisasi, kamu harus memiliki list nyata dan waktu yang pasti untuk mewujudkan. Nah, supaya 2017 semakin jaya dan nggak salah langkah, beberapa tips evaluasi diri berikut ini bisa kamu terapkan selagi muda, lho! Ikuti langkah-langkahnya.

Lakukan Evaluasi Pencapaian Diri di Tahun 2016

Tulis beberapa hal yang sudah kamu raih di tahun 2016, lalu tuiis secara detail bagaimana caranya dalam menghadapi cobaan dan saat berhasil meraihnya. Misalnya, ketika kamu memiliki obsesi untuk memulai bisnis katering sendiri tahun lalu, kamu mulai membuat perencanaan yang matang, mencatat apa saja bahan yang kamu butuhkan, dan lainnya. Sehingga, kamu sudah mulai merintis usahamu sejak tahun lalu, dan di tahun ini kamu ingin mulai mengembangkan menu baru –misalnya. Catat dan jadikan patokan untuk mencapai keberhasilan di tahun 2017, pertahankan hingga tahun yang akan datang.

Self Awareness

Definisinya adalah kemampuan seseorang untuk mampu mengenal dirinya sendiri dari segala kemampuan dan kekurangannya secara menyeluruh. Jika kamu mampu mengenal dan sadar diri akan selalu mendasari resolusi berdasarkan batas kemampuan yang umumnya bisa dipenuhi dan hal-hal yang nggak bisa dipenuhi. Kamu nggak akan memaksakan diri untuk membuat resolusi yang nggak sesuai dengan kemampuan. Dengan hal ini maka resolusi pun berpeluang untuk bisa diwujudkan selama satu tahun tersebut.

Motivasi Diri

Untuk menciptakan resolusi, kamu harus memiliki pandangan jauh ke depan atas apa yang ingin kamu capai. Dalam kasus ini maka akan mustahil resolusi akan terbuat jika kamu nggak memiliki self motivation. Motivasi memang sebuah investasi masa muda yang penting bagi terwujudnya resolusi tahun baru, karena mengandung faktor sebuah kesuksesan. Ya, dengan motivasi yang kuat, maka kamu akan semakin mudah dalam menggapai mimpi. Ingat-ingat lagi apa motivasimu saat pertama kali membuka bisnis, mau bagaimana ke depannya, dan lainnya. Hal ini yang akan terus menjadi pengingatmu saat kamu mulai lelah dan putus asa.

Bersyukur

Terakhir, tips membuat resolusi tahun baru yang baik dan benar adalah dengan selalu bersyukur atas pencapaian yang sudah berhasil kamu dapatkan. Bersyukur kamu telah berhasil mewujudkan impianmu berbisnis, meski belum sepenuhnya mencapai target yang kamu inginkan. Namun, dengan begitu, kamu jadi nggak mudah menyerah karena telah melihat setiap prosesnya dalam mewujudkan mimpi ini.

Bagaimana? Nggak sulit kan untuk mulai melakukan evaluasi diri di awal tahun baru ini? Cukup dengan lakukan langkah mudah di atas, maka akan membuatmu lebih siap menghadapi tahun 2017 dan berusaha mencapai mimpimu. Selamat tahun baru dan semoga menjadi pribadi yang lebih baik, ya!

About admin

Check Also

Menabung di Reksadana, Hasil Fantastis untuk Modal Berbisnis

Menabung di Reksadana, Hasil Fantastis untuk Modal Berbisnis Di zaman sekarang, mencari kerja itu susah. …