Langkah Awal Mudah untuk Investasi Pemula

Langkah Awal Mudah untuk Investasi Pemula

Investasi pemula tidak melulu soal finansial jelimet yang bisa bikin pusing tujuh keliling. Dengan melakukan yang kita sukai dan sudah jadi hobi kita bahkan bisa kita jadikan sebagai langkah awal untuk investasi.

Salah satu hobi yang bisa kita sulap jadi investasi adalah hobi koleksi. Ini adalah hobi yang sejak kita kecil sebenarnya sudah akrab dalam hidup kita. Mulai dari SD dulu banyak benda yang sebenarnya jadi koleksi kita, seperti kartu basket, majalah, poster band, kaset, CD, dan banyak lagi.

Tapi sayangnya banyak di antara kita yang kurang menyadari hobi koleksi adalah bentuk investasi pemula dan menganggap ini hanya dilakukan untuk kesenangan batin saja,

Koleksi Kartu Basket Sebagai Investasi Untuk Pemula
Satu contoh adalah koleksi kartu atlet olahraga seperti basket dan bisbol. Di Indonesia bisbol memang tidak setenar basket, basket pun baru booming di era 90-an awal, ketika era sang superstar Michael Jordan dan Chicago Bulls merajai liga basket Amerika; NBA. Mungkin kita gak sadar bahwa kartu yang dulu kita dapat dengan harga belasan ribu rupiah bisa jadi ratusan ribu dollar. Seperti kartu koleksi saat Michael Jordan baru masuk NBA keluaran Fleer yang meraup angka seratus ribu dollar dan menjadi kartu koleksi basket termahal kedua dan telah mendapat pengakuan dari Beckett Grading Services, sebuah layanan yang didirikan oleh Dr James Beckett dan bisa mengeluarkan semacam sertifikasi pada kartu koleksi kita.

Investasi di Produk Musik
Koleksi lain yang juga bisa bahan untuk jadi investasi pemula adalah koleksi berbagai macam media musik. Karena sekarang produk musik lebih banyak diproduksi dalam bentuk digital. Produk musik dalam bentuk jadi suatu yang langka. Bagi generasi yang besar di era 90-an dan sebelumnya sudah tidak asing lagi dengan perihal mengoleksi media musik seperti kaset dan CD atau bahkan pringan hitam. Ini adalah imbas dari proses analog ketika membuat dan menduplikasi musik punya nilai yang lebih mahal ketimbang memproduksi dan menduplikasi musik digital. Dulu mengoleksi kaset bukan hanya untuk didengar tapi bahkan sudah menjadi hobi untuk mengoleksi kaset atau CD dari artis favorit atau kaset jenis musik yang kita sukai. Menjadikan produk media musik sebagai koleksi musik dan investasi pemula bahkan sudah disadari produsennya sehingga mereka berlomba-lomba membuat keunikan di produknya. Mereka akan berlomba-lomba untuk setidaknya membuat cover album musik yang menarik untuk dilihat. Adalagi keunikan lain yaitu dengan memproduksi kaset atau CD berbeda tampilan di tiap cetakan atau area penjualan. Contohnya lainnya lagi mereka akan menyelipkan satu lagu yang khusus bisa didapatkan di edisi keluaran area tertentu seperti Jepang.

Buku Bisa Jadi Pilihan Untuk Investasi
Koleksi lain yang bisa jadi modal untuk investasi pemula dengan efek investasi ganda adalah buku. Buku adalah benda yang sejak dulu dikenal jadi sumber pengetahuan. Bahkan dari buku yang kita anggap tidak serius sebenarnya punya nilai ilmu yang luar biasa. Karena dari tulisan-tulisan di buku itu kita bisa mendapatkan kutipan dan tidak jarang memancing kita untuk berimajinasi sehingga kita bisa mengeluarkan ide-ide baru. Selain itu buku seperti halnya kaset dan CD adalah satu barang yang collectible. Kita bisa menemukan buku komik yang dulu kita beli dengan uang jajan kita, kini dijual dengan harga berlipat di toko-toko buku koleksi.

Jadi, setuju kalo koleksi merupakan langkah awal investasi pemula ?

About admin

Check Also

Menabung di Reksadana, Hasil Fantastis untuk Modal Berbisnis

Menabung di Reksadana, Hasil Fantastis untuk Modal Berbisnis Di zaman sekarang, mencari kerja itu susah. …