Menabung di Reksadana. Untung tidak main-main!

Menabung di Reksadana. Untung tidak main-main!

“HEMAT PANGKAL KAYA”, peribahasa yang sangat akrab dan melekat di semua kalangan masyarakat. Apalagi di zaman SD, peribahasa tersebut tertera di buku tabungan. Ya, kegiatan menabung sudah diajarkan sejak kecil. Mengapa menabung itu penting? Dari hari ke hari, tahun ke tahun, roda ekonomi berputar dan semakin panas. Hanya mereka yang mampu mengatur uangnya yang bertahan dalam kesejahteraan. Mengatur uang, salah satunya dengan menggumpulkan uang (menabung) atau berinvestasi.

Menabung adalah kegiatan positif yang bersifat membangun. Menabung membutuhkan sebuah perencanaan. Perencanaan seperti apa? Tentunkanlah tanggal kapan kita rutin menabung, berapa jumlah uang yang harus ditabung, dan yang paling penting apa tujuan kita menabung. Dengan menabung, Anda bisa lebih menghargai uang daripada harus menghamburkannya. Menabung juga ada tempatnya. Tempat menabung juga hendak dipikirkan oleh penabung. Nah, Reksadana adalah tempat menabung dan investasi yang menawarkan keuntungan besar. Jika Anda berpikir bahwa menabung di rumah bisa diambil kapan saja, menabung di Reksadana juga bisa. Ya, Reksadana bisa dicairkan kapan saja seperti tabungan tanpa ada denda seperti menyimpan di deposito.

Banyak orang yang berpenghasilan tinggi, tapi hasilnya tidak terlihat. Salah satu faktornya karena malas menabung. Padahal menabung dibutuhkan untuk masa depan. Apa sih manfaat menabung untuk masa depan? Berikut manfaatnya:

1. Rencana pensiun

Pensiun adalah hal yang pasti. Bekerja ada batasan usianya. Kadang hal tersebut menimbulkan kekhawatiran dalam hal keuangan. Menabung dari sekarang akan menghilangkan kekhawatiran tersebut.

2. Pendidikan anak

Setiap pasangan yang menikah pasti menginginkan kehadiran anak. Seiring dengan menuanya orang tua, anak juga tumbuh dan berkembang. Anak membutuhkan sekolah. Siapa orang tua yang ingin anaknya putus sekolah. Tidak, tapi biaya menjadi masalah untuk pendidikan. Menabung adalah solusinya.

3. Biaya pengobatan

Tidak ada yang menjamin badan ini tetap sehat di hari tua. Seiring bertambahnya usia, kinerja tubuh pun menurun. Apalagi memasuki usia setengah abad, sudah banyak tubuh yang terasa sakit. Biaya berobat yang mahal, membuat Anda harus membayarnya dengan uang tabungan.

4. Liburan

Tak ada orang yang tidak menginginkan sesuatu yang disebut liburan. Menikmati hasil kerja tanpa berlibur, rasanya kurang lengkap. Liburan ke tempat menyenangkan menjadi impian setiap orang. Tapi, liburan membutuhkan uang yang lebih banyak. Solusinya adalah menabung.

Kehidupan ekonomi tak bisa dibayangkan jika kita tak mampu mengumpulkan uang untuk ditabung atau diinvestasikan. Belajar menabung harus dijadikan sebuah hobi. Anda akan merasa senang jika menabung merupakan sebuah hobi. Nah, untuk belajar menabung, Reksadana adalah wadah bagi orang-orang yang ingin berinvestasi tapi minim pengetahuan tentang investasi di pasar modal. Anda juga tidak usah repot-repot mengatur uang yang sudah diinvestasikan. Selain itu, menabung di Reksadana juga memberikan keuntungan yang lebih.

About admin

Check Also

Mau Traveling Irit Tiap Bulan Gini Caranya

Mau Traveling Irit Tiap Bulan? Gini Caranya Guys hawa liburan akhir tahun udah mulai tercium …