Selain Menabung, Ini 5 Cara Mengelola Uang Selagi Muda

Selain Menabung, Ini 5 Cara Mengelola Uang Selagi Muda

Siapa bilang kamu nggak bisa punya keuangan yang sehat selagi muda? Dengan mengelola keuangan kamu sebaik mungkin, misalnya menyisihkan sebagian pendapatan untuk ditabung, hal tersebut nggak mustahil kok untuk diwujudkan. Tapi selain menabung, masih ada lho cara lain yang bisa kamu lakukan agar punya keuangan yang baik. Mau tahu apa saja? Ini dia informasinya!

Bijak Dalam Menggunakan Uang

Punya keuangan yang sehat sebenarnya bukan soal banyak atau nggaknya pendapatan yang kamu punya, tapi bagaimana kamu mengelola dan menggunakannya. Sebanyak apapun uangmu, semua bakal habis begitu saja kalau kamu nggak mengontrol pengeluaran. Jadi sebelum menggunakan uang, pikirkan kembali apakah hal tersebut sangat diperlukan. Ingat, kebutuhan harus selalu diutamakan ketimbang keinginan.

Catat Pengeluaran dengan Baik

Untuk membantu kamu menggunakan uang dengan bijak, buatlah catatan yang berisi detail uang yang sudah dikeluarkan, dan berapa sisa uang yang kamu punya. Catatan ini juga bisa digunakan untuk merancang keuangan agar lebih baik lagi di bulan selanjutnya. Misalnya kalau bulan ini pengeluaranmu berlebihan, kamu harus bisa mengontrolnya di bulan depan.

Mendaftar Asuransi

Sewaktu-waktu bisa saja kita mengalami suatu kejadian yang membutuhkan banyak uang yang bahkan tabungan pun nggak cukup untuk menutupinya. Untuk menghindari hal tersebut, mendaftar asuransi bisa jadi pilihan bijak untuk dilakukan selagi muda. Dengan begitu, keuangan kita pun nggak akan terkena dampak yang begitu besar. Selain kesehatan, kamu juga bisa mendaftarkan kendaraanmu untuk diasuransikan.

Mulai Investasi

Menabung mungkin bisa membantu kamu saat membutuhkan uang di waktu mendatang. Tapi, alangkah baiknya jika kamu juga memanfaatkan uang yang kamu punya untuk mulai investasi. Dengan begitu, uang yang kamu investasikan nantinya bisa berlipat nilainya dan memberikanmu keuntungan di masa depan. Untuk pemula seperti kamu, investasi reksadana online di Moinves bisa jadi pilihan, lho. Sebab selain gampang dilakukan, investasi ini bisa dimulai dengan modal Rp50.000 saja. Menarik, kan?

Beramal

Setelah menyisihkan pendapatanmu untuk menabung, asuransi, dan investasi, jangan lupa juga gunakan sebagian uangmu untuk beramal. Dengan berbagi kepada yang membutuhkan, kamu bisa belajar untuk lebih bersyukur karena masih mampu memenuhi keperluan sehari-hari. Ingat, beramal nggak akan bikin kamu jatuh miskin, kok.

Ya, itulah lima cara selain menabung yang bisa kamu lakukan untuk mengelola keuangan selagi muda. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan kamu terapkan, ya!

About admin

Check Also

Mau Traveling Irit Tiap Bulan Gini Caranya

Mau Traveling Irit Tiap Bulan? Gini Caranya Guys hawa liburan akhir tahun udah mulai tercium …