Mau Awet Muda Mulai dengan Ubah Gaya Hidup!

Mau Awet Muda? Mulai dengan Ubah Gaya Hidup!

Masa muda akan berlalu dengan cepat. Tubuh akan semakin tua dan kekuatan pun akan terus berkurang. Lalu bagaimana agar kita bisa menjaga tubuh tetap sehat bagaikan di masa muda? Berikut 5 tips untuk melakukan investasi kesehatan supaya awet muda.

Optimalkan potensi tubuh

Tubuh yang aktif bergerak akan selalu terasa sehat. Menjaga agar fungsi tubuh tetap baik adalah dengan terus mengoptimalkan kinerja tubuh. Tubuh yang pasif dan malas beraktivitas justru cenderung lebih mudah terkena penyakit.

Pernahkah Anda merasakan jika kita terlalu banyak bermalas-malasan, tubuh justru terasa tidak sehat dan lemas? Itulah yang terjadi pada tubuh kita. Optimalisasi tubuh justru akan membuat kita merasa sehat dan segar. Terlebih di kawasan perkotaan tempat sebagian besar waktu kita mungkin dihabiskan di depan gadget, entah laptop, notebook, atau sekadar duduk mengerjakan pekerjaan kantor. Ketidakseimbangan porsi fungsi tubuh ini mengakibatkan tubuh jadi rentan terkena penyakit.

Untuk itu, selalu sediakan waktu untuk berolahraga. Minimal berjalan kaki sebelum Anda beraktivitas di kantor. Sedangkan bagi Anda yang beraktivitas di rumah, minimalkan waktu menonton TV. Lakukan berbagai aktivitas, meski tentu saja jangan lupa mengimbanginya dengan beristirahat.

Mengatur pola makan yang seimbang

Pola makan yang cukup dan seimbang berperan banyak dalam menjaga tubuh agar tetap awet muda. Pencernaan yang sehat akan berdampak besar bagi kesehatan tubuh kita. Sehingga melakukan pengaturan pola makan menjadi salah satu bagian terpenting dalam menjaga kesehatan tubuh.

Buah dan sayuran selain asupan karbohidrat, protein dan lemak adalah penting untuk tubuh kita. metabolisme tubuh benar-benar bergantung pada kelengkapan gizi dan keseimbangan porsi dari masing-masing jenis makanan tadi. Dan jika dibutuhkan, barulah mengonsumsi vitamin tambahan.

Berpikiran positif dan menjauhi stres

Pikiran yang sehat berpengaruh besar terhadap kesehatan tubuh. Sering kali seorang yang tertekan karena beban pikiran justru lebih rentan terhadap penyakit. Sebab stres cenderung mengurangi nafsu makan dan umumnya mengakibatkan susah tidur.

Jika asupan makanan tidak mencukupi serta porsi istirahat kurang, maka tubuh akan lebih lemah dan mudah terkena penyakit. Berpikiran positif adalah opsi terbaik untuk menghindaristres dan akan membantu tubuh merasa lebih rileks.

Mengurangi porsi makanan berlemak atau cepat saji

Makanan cepat saji memang enak dinikmati. Tapi tingginya kalori dan lemak mengakibatkan metabolisme tubuh terganggu, jika dikonsumsi secara terus-menerus. Baiknya, kita menghindari konsumsi fast food. Upayakan hanya mengonsumsi makanan yang segar dan bukan yang telah berulang kali dihangatkan.

Ingat, dalam menjaga fungsi tubuh agar tetap sehat, dibutuhkan konsumsi makanan yang bergizi. Seimbang adalah nilai mutlak. Tidak berlebih dan tidak kekurangan.

Hindari gaya hidup yang buruk

Gaya hidup yang buruk di sini misalnya merokok. Merokok sama saja dengan meracuni diri sendiri. Percuma jika kita sudah melakukan berbagai tips di atas tapi kita sangat suka merokok.

Rokok memiliki kandungan racun yang semuanya berpotensi untuk membentuk sel kanker. Kandungan ini akan terus terakumulasi dalam tubuh dan perlahan menggerogoti kesehatan tubuh. Fungsi tubuh pun akan semakin menurun. Hingga akhirnya, tubuh akan mengalami kerusakan yang permanen.

Kelima tips tersebut hanya akan berefek positif bagi kesehatan tubuh jika dilakukan secara rutin. Perlu diingat, investasi kesehatan ini harus dimulai sejak masa muda. Karena itu, selagi masih dalam masa muda, lakukanlah berbagai bentuk investasi kesehatan yang mampu menjaga fungsi tubuh dengan baik.

About admin

Check Also

Menabung di Reksadana, Hasil Fantastis untuk Modal Berbisnis

Menabung di Reksadana, Hasil Fantastis untuk Modal Berbisnis Di zaman sekarang, mencari kerja itu susah. …